Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Nasib Palestina di PBB Ditentukan Kamis

Sidang Majelis Umum PBB (Foto: dok. PBB)
NEW YORK - Pemerintah Palestina mengatakan, Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Kamis (29/12/2012), akan mengambil keputusan, mengenai proposal mereka untuk menaikan status keanggotaan di PBB. Palestina ingin menjadi anggota pemantau dari negara anggota non-pemantau.

Tidak seperti di Dewan Keamanan PBB (DK PBB), tidak ada veto di Sidang PBB dan resolusi ini diharuskan untuk mendapatkan persetujuan dari tiap anggota. Lembaga dunia itu selama ini di dominasi oleh negara-negara yang simpati dengan tujuan Palestina.

Agar resolusi keanggotan Palestina lolos, mayoritas dari anggota PBB harus pula menyetujuinya. Hingga kini sudah 132 negara atau lebih dari dua pertiga negara anggota PBB yang mendukung resolusi. Seorang anggota tim sukses misi Palestina untuk PBB mengatakan, Presiden Palestina Mahmoud Abbas akan memberikan pidatonya di depan 193 anggota, sebelum voting dilakukan.

Palestina mencoba meningkatkan status keanggotaan mereka setelah aplikasinya untuk menjadi anggotan penuh PBB ditolak pada September 2011 lalu. Untuk menjadi anggota tetap, setiap negara harus mendapatkan persetujuan dari DK PBB dan Amerika Serikat (AS) jelas sekali akan melakukan veto atas upaya Palestina itu.

Bersama dengan Israel, AS bersikeras bahwa Palestina harus melakukan negosiasi final atas status wilayah mereka. AS pun mendesak agar Palestina tidak mengambil langkah unilateral, terkait dengan masalah keanggotaan di PBB ini.

"Kami pikir, sedikitpun langkah ini tidak akan membuat rakyat Palestina menuju pembentukan negara Palestina. Saya kira ini sebuah kesalahan dan kami menentangnya," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Victoria Nuland, seperti dikutip Associated Press, Selasa (27/11/2012).

Palestina selama ini yakin bila mereka bisa meningkatkan status kenegaraannya, dapat membuka peluang mereka atas klaim pembentukan negara di Tepi Barat, Perbatasan Gaza dan Yerusalem Timur. Wilayah ini adalah daerah yang direbut oleh Israel pada perang 1967 silam.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Nasib Palestina di PBB Ditentukan Kamis di blog Meja Kreasi Blog jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Salam kenal semua nya tolong biar lebih afdol, postingan nya di kreasiin dengan komentar - komentar anda terimakasih ^_^